Menyelesaikan Rubik Dengan 1 Tangan?

Faqih Lakaisha Putra

 



Halo teman-teman Balamcubes, hari ini Balamcubes akan membahas cabang kompetisi rubik satu tangan atau sering di sebut One Handed.


Rubik merupakan permainan mekanis yang sudah terkenal sejak lama, dan sampai saat ini rubik terus masih berinovasi untuk menciptakan permainan modern dan tidak tertinggal jaman.


Dari banyaknya cabang permainan rubik, kali ini kita akan membahas Rubik One Handed. Rubik One Handed merupakan satu cabang rubik yang menantang dimana para pemainnya di haruskan untuk cepat, tepat dan mempunyai keterampilan motorik yang bagus.


Sejarah



Asal mula rubik satu tangan tercipta pada tahun 1980-an yang seiring berjalannya waktu cabang rubik ini menjadi tantangan tersendiri untuk para pecinta rubik, dan menjadi favorit untuk beberapa cuber yabg mendalami cabang ini.


Teknik Dasar

Untuk menguasai permainan rubik dengan menggunakan satu tangan kalian diwajibkan untuk menguasai kontrol yang kuat di tangan kalian dan harus menguasai teknik dasar untuk menggerakkan rubik dengan efesien dan optimal sehingga mencapai kecepatan yang diinginkan.



Tantangan





Bermain rubik menggunakan satu tangan bukanlah hal yang mudah. Cuber tidak hanya dituntut untuk menguasai teknik dasar saja namun juga harus memiliki kekuatan motorik satu tangan yang kuat. Hal inilah yang menjadikan cabang rubik ini diminati oleh banyak orang.


Manfaat.


Manfaat saat bermain Rubik menggunakan satu tangan adalah peningkatan konsentrasi kita pada saat berlatih menyelesaikan rubik. Pelatihan motorik  dan melatih kita saat menyelesaikan masalah dengan sesuatu yang terbatas.




Penggunaan Tangan


Dalam bermain rubik OH( One Handed) pemilihan tangan yang di pakai untuk bermain menyesuaikan dengan kemudahan para cuber, cuber biasanya menggunakan tangan yang dominan di pakai dalam sehari-hari.





Peran Penting Meja Dalam OH

meja adalah salah satu hal penting yang berperan saat cuber menyelesaikan rubik dengan satu tangan, dikarnakan dengan menggunakan satu satu tangan saja, akan sangat sulit dan memberikan banyak resiko kegagalan, dan berikut beberapa peran penting meja

-Penyangga Lengan


Meja dapat memberikan dukungan pada lengan dengan cara menyangganya pada saat melakukan solve, ini dapat membantu mengurangi kelelahan pada tangan dan memberikan kestabilan pada saat bermain 


-Tinggi Meja

Tinggi meja dapat lebih di perhatikan pada saat menyelesaikan rubik OH, karna tinggi meja yang menyesuaikan dengan tinggi badan kita atau berbeda akan sangat berpengaruh. Karna dengan tinggi yang sesuai meja akan lebih optimal dalam membantu kita, pemain lebih dapat menjaga postur, dan kestabilan yang pas .



-Tangan Kedua

Tidak jarang banyak cuber yang memanfaatkan meja untuk membantu mereka dalam menggerakkan rubik atau support Fingertricks mereka pada saat menyelesaikan rubik, jika kita perhatikan para cuber sering menempelkan rubik pada meja untuk membantu gerakan rubik yang dirasa lebih mudah saat didorong dengan dataran meja. 


- Mengurangi Resiko Jatuh

Jatuh adalah masalah utama pada saat bermain rubik, karna dapat sangat merugikan waktu pada saat menyelesaikan rubik.  Dengan menggunakan 2 tangan para cuber bisa saja tidak sengaja menjatuhkan rubik,  Terlebih lagi dengan 1 tangan yang memiliki resiko lebih besar, maka meja sangat penting pada rubik OH


Larangan Pada Bermain Rubik OH




Dengan cara yang berbeda dalam menyelesaikan rubik tentu memiliki aturan yang berbeda juga pada saat menyelesaikannya, dan berikut beberapa larangan pada saat bermain rubik OH.

-Menggunakan Tangan Kedua

Tentu menggunakan tangan kedua sangat dilarang pada saat menyelesaikan Rubik OH, karna memang jelas rubik ini diperuntukkan untuk diselesaikan dengan hanya menggunakan satu tangan

-Penggunaan Benda Pembantu

Tentu pada saat kompetisi Rubik OH sangat dilarang menggunakan benda tambahan untuk membantu memudahkan penyelesaian rubik untuk dukungan stabilitas.

-Kontak dengan tubuh lain

Pemain dilarang menggunakan tubuh bagian lain untuk membantu menyelesaikan rubik dengan satu tangan, hal ini sangat di larang karena menyelesaikan Rubik dengan One Handed harus dengan satu tangan tanpa bantuan tubuh lain.


Perbedaan Algoritma dan teknik bermain rubik biasa dengan OH






-Algoritma

Beberapa algoritma yang biasanya digunakan pada penyelesaian rubik dua tangan memerlukan perubahan atau modifikasi saat permainan satu tangan, agar lebih efisien dan mudah di eksekusi hanya dengan satu tangan. Pengoptimalan Algoritma juga Penting untuk meminimalkan gerakan walaupun hanya dengan satu tangan.


-Fingertricks

dalam permainan rubik OH Fingertricks lebih di perhatikan karna tingkat kesulitan yang berbeda maka penggunaan Fingertricks harus lebih di latih dan dioptimalkan dalam permainan rubik OH

-Rotasi

Tentu teknik rotasi dan gerakan jari pada permainan rubik OH sangat berbeda dengan biasa karna hanya satu tangan yang terlibat. Para cubes biasanya berlatih dan menyesuaikan dengan kenyamanan pribadi.






Posting Komentar

0Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan ya teman teman

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !