Metode Para Suhu Rubik! Mengenal Metode Rubik CFOP

Boby Okta Arianda

CFOP merupakan metode penyelesaian rubik yang terdiri dari empat langkah, hal tersebut menjadikan CFOP sebagai metode rubik yang sangat populer digunakan untuk menyelesaikan rubik dibawah 15 detik. Metode ini dipopulerkan oleh seorang profesor di Universitas Binghatom yang bernama Jessica Fridrich, oleh karena itu metode CFOP biasanya juga disebut sebagai Fridrich Method (Metode Firdrich).


Alasan mengapa metode ini sangat populer ada pada bagian step yang ada dalam metodi ini yang mana kita hanya perlu menyelesaikan empat step yang ada.


1. Cross

Dalam tahap ini kita harus membuat pola berbentuk tanda tambah pada bagian lapis pertama rubik seperti yang ada pada gambar diatas.


2. First 2 Layer (F2L)

Selanjutnya kita akan menyelesaikan corner dan edge pada bagian lapis pertama dan kedua secara bersamaan hingga menyempurnakan lapis pertama dan lapis kedua.


3. Orientation Last Layer (OLL)

Pada tahap ketiga kita akan menyelesaikan bagian paling atas menggunakan kombinasi 57 rumus menyesuaikan kondisi yang kita dapatkan.


4. Permutation Last Layer (PLL)

Step terakhir adalah penyempurnaan bagian lapis ketiga menggunakan 21 rumus menyesuaikan dengan kondisi yang kita dapatkan.


Jika kalian sudah menguasai empat step dasar yang ada, kalian dapat meningkatkan kemampuan bermain rubik kalian dengan mempelajari Advance Cross, Advance F2L dan Teori lainnya jauh lebih mudah. Banyak pemain rubik yang bahkan mampu menyelesaikan rubik 5 sampai 10 detik menggunakan metode dasar ini.

Posting Komentar

0Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan ya teman teman

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !