Apa Itu Look Ahead Dalam Rubik?

Faqih Lakaisha Putra



 Halo teman-teman Balamcubes hari ini Balamcubes akan berbagi ilmu dengan teman-teman, dan yang kita bahas hari ini adalah Look Ahead.


Apa itu Look Ahead?


Look ahead dalam bahasa sederhana nya merupakan kemampuan kita dalam memprediksi warna dan langkah berikutnya saat kita sedang melakukan gerakan.


Seberapa Penting Look Ahead?





Look Ahead sendiri sangat penting dikuasai jika teman-teman ingin meningkatkan Personal Best.
Dimana semua cuber pasti menguasai cara ini untuk mempersingkat waktu mereka dalam menyelesaikan sebuah rubik.


Teman-teman bisa bandingkan saat kalian menyelesaikan rubik dengan Look Ahead atau tidak menggunakan Look Ahead pasti waktu yang didapatkan akan sangat berbeda.


Metode Look Ahead dapat mempersingkat waktu saat menyelesaikan rubik dikarenakan pada saat kita menggunakan metode ini, kita tidak akan berhenti atau melakukan jeda dalam menyelesaikan rubik (terus mengalir) hal ini sangat berpengaruh dengan waktu yang kita dapatkan di akhir.



Cara melatih Look Ahead?


Look Ahead dapat kita latih dari awal dengan mudah, teman-teman tidak perlu khawatir jika metode Look Ahead ini sulit di pelajari. Ayo kita bahas cara berlatih Look Ahead

-Berlatih tempo



Look Ahead sendiri tujuannya adalah tidak ada jeda pada saat kita menyelesaikan Rubik, ini artinya jika kita belajar dari awal kita harus berlatih dari tempo lambat.


Kalian dapat menggunakan alat metronom saat berlatih tempo, jika tidak memiliki alatnya kalian dapat menggunakan web metronom di goggle.


Pada saat awal kalian bisa menggunakan tempo pelan dan seiring berjalannya waktu latihan kalian dapat meningkatkan tempo metronom yang kalian gunakan.


-Paham dan hafal rumus



Usahakan kalian hafal dan ingat semua rumus F2L, OLL, dan PLL jika menggunakan metode ini, dikarenakan pada saat kalian menggunakan metode ini kalian dituntut untuk mengetahui gerakan apa yang akan dilakukan berikutnya dan dilakukan secara cepat

- Memahami Edge Orientation  (EO)




Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan Look Ahead, kamu dapat mempelajari Edge Orientation atau sering di singkat EO. Edge Orientation adalah pemahaman bagaimana kalian mengatur orientasi gerakan edge tanpa memperhatikan posisi mereka di rubik.

Kalian dapat memahami banyak sekali algoritma EO di Internet contohnya YouTube, disana banyak sekali cuber yang memberikan penjelasan detail dan tutorial bagaimana cara melakukan Edge Orientation.


-Menganalisa Gerakan Selanjutnya



Look Ahead Sendiri adalah mampu melakukan analisa gerakan selanjutnya saat kalian sedang melakukan eksekusi. Tentu ini adalah hal utama yang harus kalian latih untuk memperbaiki look ahead kalian. Kalian dapat berlatih dari tempo perlahan dan seiring berjalannya waktu kalian dapat meningkatkan kecepatan saat berlatih menganalisa gerakan selanjutnya. Ini sangat penting karna pada saat kalian menyelesaikan rubik hal yang paling dihindari adalah jeda yang dimana itu sangat membuang-buang waktu dan look ahead adalah solusinya.



Posting Komentar

0Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan ya teman teman

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !