Beberapa Cuber Yang Memecahkan World Record Rubik 3x3 Single

Faqih Lakaisha Putra

 




Halo teman-teman Balamcubes, hari ini kita akan membahas orang-orang hebat yang pernah menduduki world record 1 rubik 3x3 dari masa ke masa, mungkin dari apa yang kita bahas saat ini dapat meningkatkan semangat kalian dalam bermain rubik.


Rubik sendiri yang kita tahu adalah permainan yang mengutamakan teknik, logika, dan kecepatan. tanpa itu kita tidak dapat menyelesaikan rubik dengan baik dan benar, banyak speedcuber berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan rubik 3x3 dan memecahkan rekor dunia, dan mari kita bahas pada speedcuber tersebut.



1. Erno Rubik (1974)



 Penemu sekaligus penyelesai pertama rubik adalah Erno Rubik, bapak legenda yang dikenal sebagai pencipta rubik dan tentu ia juga adalah orang yang pertama kali menyelesaikan rubik pada tahun 1974, namun belum diketahui pasti berapa lama waktu yang diperlukan Erno Rubik untuk menyelesaikan rubiknya sendiri.



2. Minh Thai (1982)



Rekor pertama dunia yang tercatat untuk menyelesaikan rubik 3x3 adalah seorang pemuda asal Amerika Serikat. Minh Thai mencatat waktu tercepatnya yaitu 22,95 detik pada tahun 1982, tentu ini merupakan rekor tercepat pada masanya 


3. Tyson Mao (1997)



Pada tahun 1997 tepatnya 15 tahun setelah Minh Thai menjadi top record rubik 3x3 tercepat, rekor tersebut berhasil di pecahkan oleh pemuda yang sama-sama berasal dari Amerika Serikat yaitu Tyson Mao, Tyson Mao berhasil memecahkan record sebelumnya dengan waktu 16,71 detik.



4. Feliks Zemdegs (2003)



Tahun-tahun berikutnya perkembangan rubik semakin meningkat dan rubik semakin dikenal oleh banyak orang, inilah era Feliks Zemdegs dimulai speedcuber yang memiliki popularitas yang sangat tinggi pada masanya. Ia mampu menyelesaikan rubik hanya dengan 7,03 detik pada saat itu. Orang-orang di internet membicarakan kekaguman pada pemuda asal Australia ini dan masih di ingat sampai detik ini.

5. Mats Valk (2016) 

Mats Valk merupakan cuber berkewarganegaraan Belanda yang memiliki skill dan pengalaman rubik yang baik, tercatat Mats Valk sudah 2 kali memecahkan rekor rubik 3x3 pada tahun 2013 dan 2016, pada tahun 2016 Mats Valk berhasil memecahkan rekor rubik dengan waktu 4,74 detik. Dengan memecahkan rekor rubik 2 kali, Mats Valk di anggap memiliki catatan yang baik dikarnakan rekor tersebut

6. Steve Cho (2016) 


Pada tahun 2017 cuber asal Korea Steve Cho berhasil menjadi top WR pada saat itu ketika ia berhasil meraih waktu terbaiknya pada Event WCA ChicaGhosts, Steve Cho berhasil mendapatkan waktu terbaiknya pada babak pertama yaitu 4.59 detik. 



7. Yusheng Du (2018)




Seiiring berkembang nya jaman dan komunitas rubik sudah sangat ramai, pemuda asal china ini berhasil memecahkan world record dengan pencapaiannya yaitu 3,47 detik untuk menyelesaikan rubik 3x3. Pencapaian menjadi bukti juga bahwa perkembangan komunitas rubik pada saat itu dapat dikatakan pesat




8. Max Park (2023)


Pada tahun 2023 Rekor rubik 3x3 kembali terpecahkan oleh pemuda asal Amerika, California yaitu Max Park. Pemuda berusia 22 tahun ini berhasil menduduki peringkat pertama sampai saat ini (Terhitung pada saat membuat artikel ini 17/12/23). Ia berhasil mencetak waktu yang sangat baik yaitu 3.13 detik






Tags

Posting Komentar

0Komentar

gunakan bahasa yang baik dan sopan ya teman teman

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !