Cara Merawat Rubik Speed Cube Agar tetap licin

Bahrul Alam
CARA MERAWAT RUBIK 3X3


Pada awal pemakaiannya semua rubik speed cube akan terasa nyaman digunakan , dari mulai putarannya yang licin dan tension nya sangat pas, tapi hal tersebut tidak bertahan selamanya, semahal apapun rubiknya pasti perlu perawatan, dibawah ini akan dibahas cara merawat rubik speed cube yang baik.

1. Setting Tension
apa itu tension? , tension adalah tingkat tekanan center piece rubik, biasanya pada rubik China terdapat mur setiap center piecenya.

nah pada bagian ini biasanya secara otomatis rubik akan kehilangan setelannya apabila rutin dimainkan, bila tidak diSetting ulang maka rubik akan semakin kendor tension nya, dan jadi mudah copot (pop out).

cara menyetting tension rubik cukup mudah, yang kamu perlukan hanyalah obeng plus (+) , karena mur pada center piece umumnya berkunci (+). caranya sebagai berikut:
  • copot bagian penutup pada center piece (atau biasa dibilang center caps)
  • setting murnya menggunakan obeng, ini dilakukan sesuai selera, lebih suka tension yang keras atau ringan, silahkan dicoba.

2. Lubrication / Lubrikasi (Memberi pelumas pada rubik)
pada awal pemakaian, biasanya pada rubik speed cube sudah dalam kondisi sudah dilumas, jadi akan terasa sangat licin, tapi lama kelamaan rubik akan semakin kehilangan kelicinannya karena pelumas juga sudah mengering.

pada tahap ini sebelum di beri pelumas ulang sebaiknya di bersihkan dulu bekas pelumas yang lama dengan lap / tisu, setelah itu baru lakukan lubrikasi / memberi pelumas pada rubik.

caranya cukup ambil 1 bagian corner piece lalu berikan pelumas pada bagian mekanisme corner piece, atau saya biasa bilang bagian kaki dari corner piecenya. seperti gambar dibawah:

tips nya jangan memberikan pelumas terlalu banyak, secukupnya saja 1-5 tetes , karena kalau kebanyakan, pelumas bisa keluar dari bagian mekanisme ke bagian sticker yang membuat rubiknya licin dipegang. jangan lupa setelah diberi pelumas , rubik diacak agar pelumasnya merata ke semua sisi, ini dilakukan untuk pengguna pelumas tetes.

Untuk pengguna pelumas semprot cukup copot 1 bagian edge piece lalu semprotkan pelumas ke bagian mekanisme rubik, lalu pasang kembali edge piecenya. setelah itu acak rubik nya dan mainkan.

selain itu jangan asal melumas rubik, bila belum memilki pelumas rubik , kamu bisa pakai diff oil , pelumas silicon, atau yang masih bisa digunakan tapi mudah dicari adalah Olive oil (minyak zaitun) dan minyak nutrisi rambut merk ELLIPS.


3. Clean Up Cube (membersihkan rubik)
bila sudah sering dimainkan selama berminggu minggu ada baiknya kamu mengecek kebersihan bagian dalam (mekanisme) pada rubik, biasanya terdapat banyak kotoran yang menyumbat di sela-sela nya.

selain itu bagi kamu yang suka melumas rubiknya, biasaya kotoran menempel, dan membuat kelicinannya berkurang, apalagi kalau rubik sudah kemasukan pasir. jadi lakukanlah pembersihan pada rubik setidaknya 1 atau 2 minggu sekali, caranya akan dijelaskan dibawah :
  • Copot semua bagian (piece) pada rubik
  • cuci dengan air dan juga sabun bila perlu , kecuali bagian mur nya cukup di lap pakai tisu.
  • Nah sekarang rubik sudah dalam kondisi bersih, lalu jangan langsung dipasang kembali, mohon dikeringkan terlebih dahulu hingga benar benar kering.
  • pasang kembali rubik hingga dapat dimainkan.
4. Sanding (menghaluskan bagian rubik)
tips yang ini hanya digunakan bagi rubik yang terdapat cacat produksi dan ada bagian yang tidak rata, caranya cukup di haluskan saja pakai amplas yang tidak terlalu kasar, dan jangan mengamplas bagian yang sudah halus.

5. Hal hal yang harus dihindarkan
-  Jangan memainkan rubik dalam kondisi basah
-  Jangan mandi sambil main rubik
-  Jauhkan rubik dari jangkauan anak kecil yang masih suka asal lempar barang
-  Jangan sering dimainkan di lokasi Outdor , karena rubik akan cepat kotor terkena angin debu
-  Jangan bermain rubik saat sedang emosi, khawatir rubik dibanting.
-  Jangan sampai terkena air karena pelumas rubik paling anti dengan air
-  Jangan melumas rubik pakai minyak sayur
 

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !